Sabtu, 30 April 2011

Pulau Mapia Papua Dicaplok Negeri Tetangga ? | Arsip Berita ...

 Pulau Mapia Papua Dicaplok Negeri Tetangga ?
Foto Syamsul01.wordpressKeberadaan pulau terluar di gugusan pulau Mapia, Kabupaten Supiori, Papua, diantaranya pulau Barasi dan Fanildo membutuhkan penanganan khusus kementerian terkait di Jakarta.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Supiori, Badia Marpaung dihubungi di Supiori, Sabtu (30/4/2011) mengatakan, pasca pemasangan tugu batas wilayah NKRI dilakukan tim ekspedisi garis depan nusantara di pulau terluar Barasi dan Fanildo 2010, hingga saat ini belum terlihat program kementerian terkait untuk kedua pulau terluar itu.

“Potensi pariwisata keindahan alam di gugusan pulau Mapia sangat indah tetapi sampai sejauh ini belum diberikan bantuan penunjang fasilitas pariwisata di wilayah kepulauan terluar dimaksud,” ucapnya.

Ia mengatakan, beberapa fasilitas pendukung pariwisata mendesak disediakan dalam menunjang pengembangan pariwisata di pulau terluar Mapia, diantaranya kotek(tempat penginapan) serta bantuan peralatan selam/diving serta kelamcaran transportasi laut menuju pulau Mapia.

Dia berharap, fasilitas pendukung pengembangan pariwisata di pulaur terluar Mapia segera mendapat perhatian karena wilayah pulau ini menjadi daya tarik wisata diving serta berbatasan dengan Negara luar Valau.

Pengembangan wisata bahari di pulau terluar Mapia butuh dukungan kementerian terkait, ya jika ini bisa diwujudkan dapat memberikan nilai ekonomis bagi warga setempat,?kata Kadisparbud Supiori Badia Marpaung.

Diantara manfaat ekonomis diperoleh warga pulau Mapia dalam pengembangan wisata, lanjut Badia, masyarakat bisa menjadi pemandu wisata, menjual hasil olah perikanan serta menambah pendapatan keluarga karena menyediakan fasilitas tempat tinggal bagi wisatawan yang berkunjung.

Sementara sebelumnya, pulau terluar tersebut beredar isu dicaplok negara tertangga Republik Indonesia.(dsj/at)

Dibaca 35 X

source: berita8 news

Berita Lain:

1 komentar:

Pengikut

KONTES SEO TOP 1 OLI SINTETIK MOBIL-MOTOR INDONESIA BERHADIAH TOTAL RP. 35.000.000,- | Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet